rr

 

Sepatu hak stiletto, wedges, hingga platform adalah beberapa jenis sepatu hak tinggi yang kerap dikenakan wanita setiap hari. Tak dipungkiri sepatu hak tinggi memang membuat kaki terlihat jenjang dan postur tubuh terlihat indah.

Namun, tanpa disadari ada beberapa efek samping dan 5 bahaya yang perlu Anda ketahui apabila Anda menggunakan sepatu hak tinggi setiap hari, seperti yang dikutip dari situs Magforwomen, Minggu (18/12/2016).

1. Nyeri punggung

Berjalan dengan sepatu hak tinggi, membuat seluruh tekanan tubuh terkonsentrasi di bagian belakang. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah rendah di sekitar daerah tersebut kurang lancar, disertai dengan rasa sakit menjepit di bagian belakang dan pinggul.

2. Tekanan pada kaki

Kaki Anda berada pada posisi menukik ketika menggunakan sepatu hak. Jepitan sepatu hak tinggi biasanya berakhir dengan meninggalkan rasa sakit pada kaki Anda. Tekanan pada kaki pun akan intens dan tidak terkendali.

3. Berjalan tidak seimbang

Ketika menggunakan sepatu hak, terjadi perubahan postur tubuh. Tidak semua wanita bisa menyeimbangkan dengan baik saat mengenakan sepatu hak tinggi. Berjalan menjadi sangat tidak nyaman bagi beberapa wanita. Ada kecenderungan untuk kehilangan keseimbangan dan bahkan risiko jatuh. Kaki Anda juga berisiko keseleo pada area pergelangan kaki. Otot dan peradangan tendon juga dapat terjadi.

4. Penyakit tulang belakang

Keselarasan tulang belakang berubah saat mengenakan sepatu hak tinggi, hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa sakit. Selain itu, mati rasa dan kesemutan juga bisa terjadi.

5. Kuku kaki tumbuh ke dalam

Studi telah membuktikan bahwa alasan utama di balik kuku tumbuh ke dalam adalah sepatu hak tinggi. Menghilangkan kuku yang mengalami pertumbuhan ke dalam akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Anda harus segera ke dokter untuk mengatasinya.

 

Sumber : www.Liputan6.com

5 Bahaya dan Efek Samping dari Penggunaan Sepatu Hak Secara Rutin